Text
EVALUASI HASIL BELAJAR
Buku Evaluasi Hasil Belajar ini merupakan buku ketiga setelah Instrumen dalam Penelitian Sosial dan Pendidikan Pengembangan dan Pemanfaatan, dan Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan karya Purwanto. Ketiga buku ini sama-sama diterbitkan oleh Pustaka Pelajar Yogyakarta. Evaluasi Hasil Belajar sendiri dicetak pertama kali pada Mei 2009.
Purwanto mengungkapkan bahwa banyak guru atau dosen yang melakukan penilaian atas dasar data yang dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar yang tidak standar karena kerumitan dari proses standarisasi. Keputusan yang demikian tentu dapat merugikan siswa atau mahasiswa karena nasib akademiknya ditentukan dengan cara yang kurang akurat. Untuk itulah buku ini ditulis demi membantu memudahkan memahami pengelolaan hasil belajar.
Penulisan buku ini didorong oleh keinginan untuk memudahkan guru serta mahasiswa jurusan tarbiyah, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas psikologi konsentrasi pendidikan serta pihak-pihak yang menaruh minat dalam evaluasi pendidikan. Pertemuan-pertemuan kuliah dan paket-paket pelatihan menulis Beliau rasakan belum mencukupi untuk membantu memudahkan memahami pengelolaan hasil belajar , maka Ia terus termotivasi untuk mempercepat penyelesaian dari buku ini sehingga mahasiswa pendidikan bisa menikmati manfaat buku ini.
Purwanto sendiri lahir di Boyolali 26 September 1970, menyelesaikan pendidikan sampai SLTA di Boyolali kemudian melanjutkan S1 di FKIP UNS (tamat tahun 1996). Beliau melanjutkan S2 Jurusan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) di Universitas Negeri Yogyakarta (tamat tahun 1999). Sejak tahun 1999 Ia terdaftar menjadi mahasiswa Program Doktor di Universitas Negeri Jakarta jurusan PEP.
Dengan adanya buku yang ditulis Purwanto ini, memunculkan suatu gagasan yang harus dikemukakan ke publik sebagai sebuah pedoman yang bermanfaat khususnya bagi para pembaca yang berhungan dalam evaluasi hasil belajar dalam dunia pendidikan. Maka dari itu laporan buku ini bertujuan mengenalkan dan membedah buku ini sebagai bentuk penilaian apakah buku ini baik untuk dibaca dari segi isi maupun teknis penulisan sehingga tepat sasaran dan tepat guna. Dengan begitu banyaknya masalah dalam evaluasi, buku ini bermanfaat untuk membantu mengatasinya sehingga perlu diinformasikan ke masyarakat banyak.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain